Mengobati bayi mencret

Bagaimana mengobati bayi mencret

baby 3-month

Mencret atau diare kalau saya tidak salah ingat di definisikan sebagai berak cair/encer dengan frekuensi 3-5 kali dalam sehari. tetapi ada juga yang mendefinisikan berak dengan konsistensi tidak seperti biasanya.
Pada dasarnya masalah diare ini kompleks penyebabnya.

Tetapi penggolongannya biasanya dibagi menjadi diare sekretorik atau diare osmotik.
Diare sekretorik terjadi karena sekresi cairan ke dalam lumen/rongga usus terlalu banyak, sehingga tinja menjadi lembek dan encer.

Diare osmotik terjadi karena ada makanan padat atau dengan osmolaritas tinggi (susu terlalu kental), sehingga menarik cairan dari dinding usus keluar kedalam lumen/rongga usus.
Diare osmotik biasanya ditandai dengan berak nyemprot, buih, berbau asam.

Untuk mencret yang disebabkan oleh infeksi bakteri (E.coli, Cholera, Salmonela/shigella, dll) biasanya disertai dengan gejala spesifik.
Gejala tersebut :
1. Terjadinya demam (demam biasanya sebelum atau bersamaan dengan terjadinya diare. Demam yang terjadi setelah beberapa hari diare biasanya disebabkan oleh dehidrasi)
2. Adanya lendir : Adanya lendir dalam darah biasanya menandakan adanya kerusakan villi (jonjot usus) pada mukosa/dinding dalam usus.
3. Adanya darah : Adanya darah biasanya menandakan adanya perlukaan pada dinding usus sehingga menyebabkan terjadinya robekan pembuluh darah usus.
4. Adanya nyeri perut tajam : Nyeri perut melilit diakibatkan oleh terjadinya spasme usus karena adanya perlukaan pada dinding usus. Biasanya bayi rewel terutama saat keluar berak.

Nah kalau ada gejala 1,2,3,4 dijumpai secara bersamaan biasanya disebut diare disenteri-form. Tetapi kalau hanya ada demam dan lendir saja biasanya choleri-form, diare choleri-form ini biasanya ditandai dengan terjadinya dehidrasi yang cukup berat.

Pada bayi yang mulai memasuki masa perkenalan makanan padat/susu formula (>6 bulan), biasanya akan terjadi sedikit penyesuaian dalam pencernaan, bisa terjadi berak encer/mencret atau susah berak/konstipasi. Tapi biasanya tidak lama, asalkan makanan/susu diberikan sesuai takaran penyajian. Waspadai bila bayi terus-menerus mencret setelah pemberian makanan padat/susu formula, mungkin bayi anda alergi pada laktosa pada susu atau alergi gluten pada makanan/bubur. Gunakan susu LLM dan bubur Goodmil hypoallergenic.

Nah, sekarang anak anda kira-kira masuk dikategori yang mana. Karena sudah 5 hari dan sudah terjadi penurunan 1 kg (berapa % dari BB awal bayi?) jadi harus diwaspadai. Ada baiknya sebelum anda memutuskan untuk memberikan pengobatan sendiri anda perlu mencari pendapat kedua/second opinion dari dokter Sp.A lain disekitar anda.

About these ads

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: